Friday 5 August 2016

Tata Cara Penulisan Proposal Skripsi dan Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah hasil penelitian mandiri yang mendalam dan berisi sumbangan permikiran baru  bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan salah satu persyaratan memperoleh gelar sarjana (S1).
Tata cara penulisan proposal skripsi dan skripsi biasanya sudah ditentukan atau diatur oleh fakultas atau perguruan tinggi bersangkutan. Adapun gambaran contoh tentang tata cara penulisan proposal skripsi dan skripsi adalah sebagai berikut.
A.  Bahan dan Ukuran
1.    Nashkah proposal skripsi dan skripsi dibuat diatas kertas A4 atas 80 gram (21,5 x 29,7 cm) dengan spasi ganda. Batas margin atas margin 4 cm, bawah 3 cm, dan kiri 4 cm. Contoh Margin Kertas Proposal atau Skripsi dan Tugas Akhir.
2.    Sampul proposal skripsi berupa kertas putih yang dilapisi plastik transparan.
3.    Sampul skripsi dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
a.    Untuk ujian proposal skripsi, sampul skripsi terbuat dari kertas sampul warna hijau (sesuai dengan ketentuan fakultas/PT masing-masing) dijilid tipis.
b.    Untuk ujian skripsi, sampul skripsi terbuat dari kertas sampul warna hijau (sesuai dengan ketentuan fakultas/PT masing-masing) dijilid tebal (hard cover).
B.  Cover
1.    Tulisan pada cover proposal skripsi meliputi hal-hal sebagai berikut:
a.    Tulisan “Proposal Skripsi”
b.    Judul proposal skripsi
c.    Logo Universitas/Perguruan Tinggi
d.   Tulisan “Oleh”
e.    Nama Mahasiswa (tanpa gelar akademik)
f.     Nomor induk mahasiswa (NIM)
g.    Tulisan “Fakultas ………………”
h.    Tulisan “Universitas/Perguruan Tinggi ………..”
i.      Tulisan “Nama kota/kab tempat Universitas/PT”
j.      Tahun pengajuan proposal skripsi
2.    Tulisan pada cover skripsi meliputi hal-hal sebagai berikut:
a.    Judul skripsi
b.    Logo Universitas/ Perguruan Tinggi
c.    Tulisan “Oleh”
d.   Nama Mahasiswa (tanpa gelar akademik)
e.    Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
f.     Tulisan “Skripsi”
g.    Tulisan “diajukan kepada Fakultas ………………………. Universitas/PT …………………… untuk memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana ……………….
h.    Tulisan “Nama kota/kab tempat Universitas/PT”
i.        Tahun pengajuan proposal skripsi
C.  Pengetikan
1.    Jenis huruf yang digunakan dalam penulisan proposal skripsi maupun skrispi adalah Times New Roman dengan besar font 12, kecuali pada halaman sampul dan catatan kaki. Keseluruhan naskah skripsi ditulis menggunakan jenis huruf yang sama.
2.    Cetak miring (italics) digunakan untuk menulis judul buku, nama jurnal dan istilah asing yang belum baku dalam bahasa Indonesia.
3.    Lambang atau tanda-tanda yang tidak dapat ditulis dengan mesin ditulis dengan tangan memakai tinta hitam.
4.    Bilangan diatas sepuluh ditulis dengan angka, kecuali pada permulaan kalimat.
5.    Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik dibelakangnya, misalnya: m, gr, kg, km.
6.    Jarak antar baris adalah 2 (dua) spasi (spasi ganda), kecuali kutipan langsung yang terdiri dari tiga baris dan selebihnya, catatan kaki dan data pustaka dalam daftar pustaka, masing-masing ditulis dengan spasi tunggal.
7.    Alinea baru dimulai ketikan yang ke-8 dari batas tepi kiri.
8.    Judul bab ditulis dengan huruf besar (capital) dan diletakkan ditengah secara simetris, dengan jarak 4 cm dari tepi atas.
9.    Judul sub-bab ditulis dari tepi sebelah kiri dengan huruf besar pada permulaan kata.
10.     Rincian sesuatu ditulis berurutan dengan angka atau huruf sesuai keperluan.
D. Penomoran
1. Penomoran halaman pada bagian awal, mulai halaman judul dengan daftar isi menggunakan angka Romawi kecil ditengah pada bagian bawah.
2. Penomoran halaman bagian isi/utama dan bagian akhir, dari halaman bab pertama dengan terakhir memakai Angka Arab disudut kanan atas, kecuali halaman judul bab, diletakkan ditengah pada bagian bawah.
3. Nomor halaman ditulis dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 2,5 cm dari tepi atas (header), sedangkan penomoran bagian awal dan halaman pertama tiap bab ditulis secara simetris dengan jarak 2 cm dari marjin bawah (footer).
E.  Tabel dan Gambar
1.    Bagan, grafik, peta, dan foto termasuk dalam kategori gambar.
2.    Tabel dan gambar diletakkan secara simetris.
3.    Tabel dan gambar dinomori dengan angka.
4.    Judul tabel menyertai nomor diletakkan simetris diatas table dan gambar tanpa diakhiri tanda titik.
5.    Keterangan table dan gambar ditulis pada halaman yang  sama dengan halaman table dan gambar tersebut.
F.   Bahasa
1.    Skripsi ditulis dengan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar/ kecuali jurusan bahasa asing.
2.    Kecuali dalam kutipan langsung, pemakaian kata ganti orang pertama dan kedua (saya, aku, kami, kita, engkau, kamu) dihindarkan.
G. Penulisan Nama
1.    Nama orang atau penulis yang diacu dalam uraian ditulis tanpa gelar akademik atau derajat kesajarnaan.
2.    Nama penulis dalam daftar pustaka dicantumkan lengkap, termasuk apabila penulis sebuah pustaka terdiri dua orang atau tiga. Jika penulis lebih dari tiga orang, cukup ditulis penulis pertama et. al
H.  Pengutipan Sumber Pustaka
Kemajuan teknologi yang pesat mendorong dinamika perkembangan sumber-sumber ilmu pengetahuan makin beragam dan unik. Castatan penting adalah pihak peniliti harus memperhatikan otoritas keilmuan dan kepakaran orang atau lembaga penyedia informasi itu. Hal-hal yang harus menjadi perhatian penting antara lain:
1.    Untuk penyusunan laporan penelitian, penulis sebaiknya menggunakan sumber acuan pustaka primer yang dapat dipertanggung jawabkan seperti jurnal, monograf, tulisan asli.
2.    Sumber pustaka hendaknya maksimal sepuluh tahun terakhir, dengan pengecualian pada beberapa kajian tertentu seperti; sejarah atau perbandingan.
3.    Kepakaran dan otoritas keilmuan; seperti; seseorang yang mempunyai spesialisasi kepakaran dibidang hukum maka otoritas keilmuannya yang dirjuk adalah tentang hukum. Kalaupun ia berbicara tentang selain itu, maka informasi tersebut hanya boleh menjadi dijadikan rujukan sekunder.
4.    Situs-situs penyedia informasi waring wera wanua (World Wide Web, WWW) merupakan situs resmi bukan hanya berupa blog.

Berikut contoh format pengutipan menggunakan Turabian Style dengan model footnote. Meskipun demikian untuk modifikasi dalam penulisan model kutipan tetap ditolerir berdasarkan pertimbangan dinamika perkembangan dunia ilmiah, dengan catatan; tetap taat asas atau konsisten dimulai sejak bab awal hingga akhir penulisan. Catatan kaki ditulis dengan jarak 1 (satu) spasi. Contoh format catatan kaki, sebagai berikut:
a.    Buku
Pengarang Tunggal;
1 Ratno Lukito, Interpersonal Law in Modern Indonesia (Yogyakarta: CLSC, 2007), hlm. 56
2 Bema Turam, Between Islam and the State (Stanford, California: Stanford University Press, 2007), hlm. 54

Pengarang 2 orang;
1 Brian W. Kermighan and Dennis M. Ritchie, The C Programming Language (Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 2003), hlm. 185

Pengarang lebih dari 3 orang:
1 Martin Greenberger and others, eds., Networks For Research and Education: Sharing of Computer and Information Resources Nationwide (Cambridge: MIT Press, 2004), hlm. 50
           
b.   Artikel
Artikel di Jurnal:
1 Jajat Burhanudin, “History, Authority and Power: A Case of Religious Violence in Aceh” Journal of Indonesia Islam [Online], Volume 8 Number 1 (1 June 2014), hlm. 56-78
2 M. Adib Misbachul Islam, Al-Shaykh Ahmad al-Rifa’i wa Siyaqiyat al-Shari’ah al-Islamiyah: Dirasah ‘ala Kitab Takhyirah” Studia Islamika [Online], Volume 19 Number 1 (4 April 2014), hlm. 69

Artikel di Majalah:
1 Bruce Weber, “They Myth Maker: They Myth Maker: The Creative Mind of Novelist E.L. Doctorow, “New York Times Magazine, 20 October 2005, hlm 42.

Koran/Surat Kabar:
1 Mochtar Praboe Mangkoenegaro, “Kedoedoekan Pasirah-pasirah”, dalam Pertja Selatan, No. 299, 16 Desember 1940.

c.    Skripsi, Tesis, dan Disertasi
1 Gilberto Artioli, “Structural Studies of The Water Molecules and Hydrogen Bonding in Zeolites” (Ph.D. diss., University of Chikago, 2005), hlm. 10.
2 Khaerul Wahidin, “Pembaharuan Pondok Pesantren Masa Orde Baru: Studi Komparatif Mengenai Perubahan Orientasi Pendidikan dan Implikasinya antara Pesantren Bobos dengan Pesantren Buntet di Kabupaten Cirebon”, (Tesis Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2000).

d.   Terjemahan
1 G. F. Pijper, Fragmenta Islamica: Beberapa Studi Mengenai Sejarah Islam di Indonesia Awal Abad XX, terjemahan oleh Tudjimah ari Fragmenta Islamica, Studien over het Islamisme in Nederlandsh-Indie, Jakarta: UI Press, 1987.
2 G.F. Pijper, Penelitian tentang Agama Islam di Indonesia: 1930-1950, terjemahan oleh Tudjimah dari Afbraak van moskeen: lailat al-nisf min sha’ban op java; the minaret in java; De Ahmadiyah Beweging in Indonesia, Jakarta: UI Press, 1992.

e.    Internet
1 Antoni JP, “Dampak Pemberlakuan Undang-Undang Desa”, http://journal.uinrafah.ac.id/index.php/studia-syariah/article/view/844/717
(Download: 19 Januari 2015)


Related Post


loading...