Thursday 21 July 2016

Apa Saja Isi Proposal Skripsi? - (Pedoman Penulisan Proposal Skripsi)

Ilustrasi Proposal Skripsi
Skripsi adalah karya ilmiah hasil penelitian mandiri yang mendalam dan berisi sumbangan permikiran baru  bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan salah satu persyaratan memperoleh gelar sarjana (S1).
Setiap mahasiswa tingkat akhir yang telah menyelesaikan mata kuliah sesuai dengan ketentuan kampus, diwajibkan menulis skripsi dengan mengkaji salah satu dibidang ilmu-ilmu sesuai dengan jurusan atau program studi, dan ilmu-ilmu lain yang terkait dengan ilmu yang diminati dibawah bimbingan 2 (dua) orang Dosen Pembimbing.
Sebelum menyusun skripsi, mahasiswa membuat proposal skripsi berisi rancangan penelitian yang menggambarkan permasalahan penelitian yang tercermin pada latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan, kajian pustaka, metodologi, dan sistematika pembahasan.
ISI PROPOSAL SKRIPSI
Proposal Skripsi yang dijadikan dasar penyusunan skripsi berisi tidak lebih dari 20 (dua puluh) halaman dengan spasi ganda diatas kertas HVS ukuran A4/ HVS Quarto.
Proposal skripsi memuat hal-hal sebagai berikut:
1.    Latar Belakang
Bagian ini berisi penjelasan tentang alas an akademik memilih permasalahan tertentu yang dipandang menarik, penting, dan perlu diteliti.
2.    Rumusan Masalah
Bagian ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicari jawabannya melalui penelitian. Minimal 2 (dua) rumusan masalah.
3.    Hipotesis (jika ada)
4.    Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Bagian ini menyebutkan secara spesifik tujuan penelitian yang akan dicapai dan sumbangan baru yang diharapkan dari penelitian ini bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Sedangkan Kegunaan Penelitian menyebutkan secara spesifik guna penelitian yang akan dilakukan.
5.    Penelitian Terdahulu
Bagian ini memuat uraian secara sistematis tentang hasil penelitian terdahulu (preliminary research) tentang persoalan yang akan dikaji dalam skripsi. Peneliti mengemukakan dan menunjukan dengan tegas bahwa masalah yang akan dibahas belum pernah diteliti sebelumnya atau menjelaskan posisi penelitian ini diantara penelitian-penelitian terdahulu. Untuk itu, tinjauan kritis terhadap hasil kajian terdahulu dikemukakan dalam bagianini. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi duplikasi dan plagiasi atas karya orang lain.
6.    Metodologi
Bagian ini mencakup pendekatan, metode pengumpulan data, dan analisis data yang digunakan dalam penelitian.
7.    Sistematika Pembahasan
Bagian ini memuat alur penulisan skripsi dengan logika atau argumentasi penulis antara satu bagian dengan bagian yang lain.
8.    Kerangka Pembahasan (outline) Skripsi Sementara
9.    Daftar Pustaka (sementara), diutamakan artikel jurnal dan buku yang terbit 10 tahun terakhir, kecuali penelitian sejarah dan perbandingan.
Contoh:
Septiandani, Dian. SINERGISITAS PERAN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAN LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DALAM PENGELOLAAN ZAKAT” Dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang [Online], Volume 5 Number 1 (Januari 2012)

Marsaid, Perlindungan Hukum Anak Pidana dalam Persfektif Maqashid Asy-Shari’ah, (Yogyakarta: Genta Publishing, 2014)

loading...