Saturday 16 January 2016

Hikmah dan Filsafat Larangan Muslimah Menikah dengan selain Muslim - Artikel Filsafat Hukum Keluarga

ARTIKEL FILSAFAT HUKUM KELUARGA
Hikmah dan Filsafat Larangan Muslimah Menikah dengan selain Muslim
Oleh: Jamiatul Husnaini
Ilustrasi
Perkawinan (Az-Zawaj) atau pernikahan, menurut bahasa az-zawaj diartikan pasangan atau jodoh. Sedangkan menurut syara’, fuqaha memberikan definisi secara umum akad zawaj adalah pemilikan sesuatu melalui jalan yang disyariatkan dalam agama. Tujuannya, menurut tradisi manusia dan menurut syara’ adalah menghalalkan sesuatu tersebut. Akan tetapi itu bukanlah tujuan perkawinan (zawaj) yang tertinggi dalam syariat Islam. Tujuan yang tertinggi adalah memelihara regenerasi, memelihara gen manusia, dan masing-masing suami mendapatkan ketenangan jiwa karena kecintaan dan kasih sayangnya dapat disalurkan.[1] Sebagaimana firman Allah:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Rum (30): 21)
Telah menjadi kesepakatan (ijma’) para ulama dalam hal larangan menikahnya perempuan muslimah dengan non muslim sekalipun dari ahli kitab (Yahudi dan Nasrani). Keharaman ini dikarenakan adanya Nash Al-Qur’an yang melarangnya, yaitu QS. Al-Baqarah: 221.[2]
   وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا ۚ وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُولَٰئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ ۖ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ ۖ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ
Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al-Baqarah (2): 221).
Masalah ini dalam kitab-kitab fiqih lebih dikenal dengan istilah kafa’ah (kesesuaian/kesederajatan) yang berjumlah lima kafa’ah. Dan kafa’ah fi al-Din (agama) adalah kafa’ah yang disepakati oleh seluruh ulama; artinya laki-laki yang akan menikahi seorang muslimah haruslah se-kufu’ alias sederajat agamanya (sama-sama Islam). Sedangkan empat kafa’ah yang lainnya masih diperselisihkan oleh para ulama, yaitu kafa’ah dalam hal nasab (garis keturunan), hirfah (pekerjaan), huriyah (merdeka/bukan budak) dan salamah al-‘uyub (selamat dari penyakit/tidak cacat). Sebagian ulama dari mazhab Syafi’i dan Hanbali ada yang memasukkan juga kafa’ah fi al-‘ilm (keilmuan/kepandaian) dan kafa’ah fi al-mal (kekayaan). Maka jika terjadi pernikahan yang tidak se-kufu’ akan mengakibatkan nikahnya fasid (tidak sah) dan bagi sang ayah dari pihak perempuan diperbolehkan untuk mem-fasakh (membatalkan) pernikahan tersebut.

Hal itu sejalan dengan Kompilasi Hukum Islam (KHI) pasal 61, yang berbunyi:[3]
Tidak sekufu tidak dapat dijadikan alasan untuk mencegah perkawinan, kecuali tidak sekufu’ karena perbedaan agama atau ikhtilaafu al-dien.
Dan di antara hikmah serta filsafat keharaman muslimah menikah dengan non muslim adalah sebagai berikut:[4]
1)      Perempuan pada umumnya lemah dan patuh pada suaminya, maka ketika seorang muslimah menikah dengan non muslim ada kekhawatiran ia akan dipengaruhi atau bahkan dipaksa suaminya untuk masuk ke dalam agamanya. Dan hal semacam ini banyak terjadi di penjuru bumi ini, terutama di Indonesia. Pemaksaan itu, umumnya dilakukan setelah mereka memiliki anak, agar sang istri mudah dipengaruhi, karena mereka berat dan sayang terhadap masa depan anak-anaknya.
2)      Agama anak pada umumnya akan ikut dan sama dengan agama ayahnya, belum lagi jika sang ayah berupaya mendidik anaknya sesuai dengan agamanya, bahkan tidak jarang disekolahkan ke ssekolah yang berciri khas dengan agamanya yang non muslim.
3)      Karena Islam adalah agama yang luhur dan tinggi dan tidak boleh ada yang melebihinya. Dan jika seorang muslimah menikah dengan non muslim, berarti Islam dikalahkan oleh agama lain, karena suaminya yang non muslim sebagai kepala (pemimpin) rumah tangga.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat simpulkan bahwa seorang muslimah dilarang dan diharamkan menikah dengan seorang laki-laki non muslim, karena dalam Islam diharamkan menikah berbeda agama. Hal itu akan menodai kesucian agama Islam dan kesakralan suatu pernikahan. 

REFERENSI
Abdul Aziz dan Abdul Wahhab. 2009. penterj. Abdul Majid Khon, Fiqih Munakahat, Jakarta: AMZAH.
Al-Asyqar, Umar Sulaiman. 2004. Ahkam al-Zawaj fi Dloi al-Kitab wa as-Sunnah. Cet. III; Oman-Yordania: Dar al-Nafais..
Tim Nuansa Aulia. 2012. Kompilasi Hukum Islam. Bandung: Nuansa Aulia.
Tamrin, Dahlan. 2007. Filsafat Hukum Islam. Malang: UIN Malang Press.



[1] Abdul Aziz dan Abdul Wahhab, penterj. Abdul Majid Khon, Fiqih Munakahat, (Jakarta: AMZAH, 2009), hlm. 35-36.
[2] Umar Sulaiman al-Asyqar, Ahkam al-Zawaj fi Dloi al-Kitab wa as-Sunnah, (Cet. III; Oman-Yordania: Dar al-Nafais, 2004), hlm. 99.
[3] Kompilasi Hukum Islam, (Bandung: Nuansa Aulia, 2012), hlm.18.
[4] Dahlan Tamrin, Filsafat Hukum Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2007), hlm. 157-159.

loading...