Monday 2 January 2017

Contoh Teks Ceramah Pernikahan (Walimatul 'Urs) - Tentang Fungsi Keluarga


Image result for pernikahan islami
Pernikahan Islami


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمِنِ الرَّحِيْمِ. الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِلْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى المَبْعُوْثِ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. وَبَعْدُ.
Marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang memberikan anugerah dan kenikmatan sekalipun tanpa kita pinta. Shalawat dan salam tetap kita curahkan kepada Nabi Muhammad, teladan umat manusia.
Hadirin rahimakumullah
Sudah menjadi fitrah manusia bahwa dalam menjalani kehidupannya manusia tidak bisa hidup sendirian. Setiap manusia pasti membutuhkan manusia lain sebagai pasangan hidup, sebagai teman untuk berkomunikasi, sebagai tempat untuk berbagi perasaan suka dan duka, atau teman untuk bertukar pikiran. Untuk memenuhi itu semua, setiap manusia perlu membentuk sebuah keluarga melalui pernikahan.
Allah SWT berfirman:
وَمِنۡ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنۡ خَلَقَ لَكُم مِّنۡ أَنفُسِكُمۡ أَزۡوَٰجٗا لِّتَسۡكُنُوٓاْ إِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُم مَّوَدَّةٗ وَرَحۡمَةًۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَٰتٖ لِّقَوۡمٖ يَتَفَكَّرُونَ (21) .
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS. Ar-Rum: 21)

Dalam ayat diatas, dijelaskan bahwa fungsi utama pasangan hidup manusia adalah bersama-sama mencapai ketenangan dan kebahagiaan hidup yang hakiki, membentuk keluarga sakinah mawaddah wa rahmah.
Sebuah keluarga dapat dikatakan sebagai keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah jika telah berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa fungsi keluarga Islam.
1.      Fungsi keagamaan.
Sebuah keluarga akan menjadi kukuh jika dilandasi dengan semangat nilai-nilai agama. Suami dan istri harus bisa menjadi pendorong bagi pasangannya masing-masing dalam meningkaatkan kualitas keagamaanya. Jika setiap pasangan bisa melaksanakan kewajibannya tersebut maka tujuan pernikahan sebagai salah satu penyempurna keimanan akan tercapai. Rasulullah Saw. bersabda:
إِذَا تَزَوَّجَ العَبْدُ فَقَدْ كَمَّلَ نَصْفَ الدِّيْنِ ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ البَاقِي
“Siapa yang menikah, ia telah menyempurnakan separuh imannya. Maka hendaklah ia memelihara diri pada setengah sisanya” (H.R. Thabrani).

2.      Fungsi cinta kasih.
Salah satu fungsi keluarga adalah menumbuhkan cinta dan kasih sayang kepada setiap anggotanya. Dengan kasih sayang tersebut, keluarga akan dapat bertahan dari guncangan-guncangan yang dilaluinya.
3.      Fungsi perlindungan.
Ketika laki-laki dan perempuan memutuskan untuk hidup bersama dalam sebuah ikatan dan meninggalkan keluarganya masing-masing, mereka sudah siap menjadi perisai satu sama lainnya. Dalam ungkapan Al-Qur’an disebutkan bahwa suami dan istri menjadi “pakaian” bagi yang lainnya.
“… isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka…” (QS. Al-Baqarah: 187).

4.      Fungsi ekonomi.
Dalam perjalanannya, kehidupan keluarga tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan materi. Al-Qur’an memberikan beban kepada suami untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya, semampunya. Oleh karena itu, seorang laki-laki yang belum memiliki kemampuan finansial untuk menikah dan mengarungi biduk rumah tangga, ia diperintahkan untuk bersabar disertai menjaga dirinya sampai ia diberi keluasan rezeki oleh Allah.
وَلۡيَسۡتَعۡفِفِ ٱلَّذِينَ لَا يَجِدُونَ نِكَاحًا حَتَّىٰ يُغۡنِيَهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۗ
 “Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya...” (QS. An-Nur: 33).

Memang, tidak bisa dipungkiri bahwa materi bukanlah jaminan bagi kebahagiaan rumah tangga, namun berapa banyak keluarga yang hancur karena masalah materi?
5.      Fungsi pendidikan.
Dalam surah Al-Kahfi ayat 46, Allah menyatakan bahwa anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Akan tetapi, seorang anak akan benar-benar menjadi perhiasan bagi orangtuanya jika ia mendapatkan pendidikan yang baik. Al-Qur’an juga menyatakan bahwa anak merupakan bagian dari cobaan Tuhan terhadap hamban-Nya. Oleh karena itu, Allah telah mengingatkan agar anak-anak tidak menjadikan kita lalai terhadap kewajiban kita kepada Allah SWT.
Demikianlah beberapa fungsi keluarga. Semoga dapat menjadi bekal bagi kita. Jika fungsi keluarga tersebut dapat terlaksana dengan baik, Insya Allah keluarga bisa menjadi sarana yang baik untuk mencapai kesempurnaan agama kita. Aamiin…
Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf, kepada Allah kita sama-sama mohon ampun.
Wabillah taufiq wa hidayah

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 


#Source: Muhammad Hossein Jabbar & berbagai sumber.
loading...