Wednesday 12 April 2017

Contoh Surat Memori Kasasi Perkara Perdata

Contoh : Format Surat Memori Kasasi Perkara Perdata



                                                                                   Banyuasin, ……….. 2017 ……
                                                                                  
Kepada Yth,
Mahkamah Agung Republik
Indonesia Lewat Pengadilan
Tinggi Palembang


Hal : Memori Kasasi Terhadap
Putusan Pengadilan Tinggi
Palembang Tgl……………..
No. …./2017…../Pdt

Dengan segala hormat
Yang bertanda tangan di bawah ini, …………….. pekerjaan ………. Tempat tinggal di ………. Dalam perkara ini selanjutnya disebut PENGGUGAT DALAM KASASI:
Bahwa penggugat dalam kasasi, sebagai pengganti penggugat dalam perkara asli, telah menggugat ….. alias …… ialah tergugat asli dan TERGUGAT DALAM KASASI di pengadilan Negeri Sekayu dan Pengadilan tersebut dengan putusan tertanggal …… No. ….. telah menerima SEPARUH dari barang gono gini yang digugat pembagiannya.
Bahwa terhadap putusan ini, tergugat dalam perkara asli, kini tergugat dalam kasasi, telah mohon banding pada Pengadilan Tinggi Palembang, ……../Pdt. Telah memutuskan, MEMBATALKAN putusan pengadilan Negeri Sekayu tersebut diatas dan dengan memberi peradilan sendiri menetapkan bahwa dalam kasasi dapat bagian sepertiga dari barang gono gini tersebut diatas.
Bahwa terhadap putusan Pengadilan Tinggi Palembang ini, penggugat terbanding atau penggugat dalam kasasi menghaturkan penjelasan (memori) sebagai berikut:
1.   Bahwa menurut pendapat penggugat dalam kasasi, maka Pengadilan Tinggi Palembang telah melanggar hukum adat yang berlaku di Banyuasin oleh karena Pengadilan tinggi tersebut tidak dapat membenarkan pembagian gono gini diantara suami isteri yang sama, masing-masing separuh dan Pengadilan Tinggi tersebut berpendapat bahwa menurut adat yang senantiasa berlaku juga di Banyuasin, maka barang gono gini dibagi antara suami istri dengan imbangan dua bagian dan satu bagian untuk istri.
2.   Bahwa penggugat dalam kasasi menghaturkan, bahwa hukum adata yang berlaku di Banyuasin, di mana-mana istri di Banyuasin bekerja sama kerasnya, kadang-kadang lebih keras daripada suaminya, menetapkan istri menerima SEPARUH dari barang gono gini dan Pengadilan Sekayu TEPAT DAN SESUAI DENGAN HUKUM ADAT INI, memberikan bagian separuh juga.
Maka penggugat dalam kasasi mohon kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia di Jakarta untuk membatalkan putusan Pengadilan Tinggi di Palembang tertanggal …….. No. …./Pdt. Dalam mana penggugat dalam kasasi ditetapkan mendapat sepertiga dari barang gono gini dan menguatkan putusan Pengadilan Negeri Sekayu tertanggal …. No. …… dalam mana penggugat dalam kasasi mendapat bagian separuh dari barang gono gini, dengan menghukum tergugat dalam kasasi untuk membayar biaya perkara dalam semua tingkatan.
Kemudian atas perhatian Mahkamah Agung terhadap uraian kami, kami aturkan banyak terima kasih.

                                                                                       Penggugat dalam Kasasi, *)


                                                                                       (…………………….)

Related Post:
loading...